Antara Mitos dan Tuah Kembang Wijaya Kusuma √

Bunga Wijaya Kusuma dalam bahasa Indonesia, jika dalam Kejawen pelepasannya adalah Kembang Wijoyo Kusumo. Kembang ini dikenal sebagai sang ratu malam karena bunga ini memiliki sifat yang sangat unik, ia hanya akan mekar pada malam hari saja, dan ketika pagi tiba bersama dengan terbitnya matahari maka bunga Wijaya Kusuma akan layu dan berguguran.

manfaat kembang wijaya kusuma

Selain bentuknya yang indah, Kembang Wijaya Kusuma menyimpan banyak misteri dan mitos yang berhubungan dengan wibawa dan kekuasaan yang hingga saat ini masih dipercaya oleh banyak orang.

Karena bunga ini sangat langka dan hanya mekar pada malam hari saja, maka tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan kembang keramat ini. Wijaya Kusuma memiliki arti bunga kemenangan karena jika diambil dari arti kata “Wijaya” adalah “Kemenangan” dan “Kusuma” artinya “Kembang atau Bunga”. Bagi sebagian masyarakat Jawa, kembang Wijaya Kusuma dipercaya memiliki tuah dan kekuatan mistis.

Banyak sekali mitos yang berkembang tentang kembang ini, di antaranya:

Sebagian masyarakat Jawa meyakini, barang siapa yang berkesempatan menyaksikan kembang wijaya kusuma mekar maka hidupnya akan berkelimpahan. Karena itu banyak yang sengaja menanam bunga ini di pekarangan rumahnya, tapi tetap saja tidak banyak orang yang beruntung dapat menyaksikan bunga ini mekar walaupun ditanam di halaman rumah.

Bagi kalangan keraton, kembang wijaya kusuma adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Raja untuk penobatan ketika hendak naik tahta. Dan untuk mendapatkannya harus mengambil langsung dari Pulau Nusa Kambangan.

Cara memetiknyapun tidak boleh sembarangan, karena harus memenuhi syarat dan ritual khusus.

Kembang wijoyo kusumo merupakan bunga keramat yang memiliki bentuk yang indah dan berbau harum dengan berbagai mitos serta misterinya.

Tapi dibalik semua itu, ternyata bunga/kembang wijaya kusuma juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Manusia, antara lain:

  • Untuk mengobati luka luar, caranya dengan menumbuk bagian batangnya sampai halus/lumat kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.
  • Sedangkan untuk mengobati penyakit dalam, caranya dengan merebus beberapa kuntum bunganya kemudian air rebusan tersebut diminum.
  • Kembang wijaya kusuma juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah.
  • Kembang wijaya kusuma juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Kembang wijaya kusuma bisa digunakan sebagai obat batuk, anti radang, dan juga pendarahan (hemostatis).
  • Kembang wijaya kusuma juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit lain seperti
    tuberkulosis paru-paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah.

Akan tetapi sangat sulit untuk mendapatkan semua manfaat dan melihat mitos Kembang Wijaya Kusuma ini. Dikarenakan dizaman sekarang sudah sangat jarang orang yang menanam Kembang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close