Bacaan Doa Iftitah ✓ Lengkap Arab dan Latin

Saketi.Com – Doa Iftitah, dalam sholat pasti kalian sering mendengarkanya, memang bacaan Iftitah ini sunah yang boleh dibaca saat sholat fardhu dan sunah tapi sayangnya banyak diantara kita yang masih belum mengetahui bacaanya.

Seperti yang kita ketahui, doa iftitah yang dibaca saat antara takbiratul ikhram ini memang sangat sering terlupa, walaupun sunnah bukan berarti tidak apa bila tak kita baca. Karena pada dasarnya, beribadah yang kita harapkan adalah pahala, begitu juga dengan mengerjakan sunnah akan ada pahala ganjaranya termasuk membaca doa Iftitah ini.

Nah apa bila kalian ingin menghafalkanya, berikut sudah kami siapkan doa iftitah lengkap Arab dan Latinya khusus untuk kalian.

Doa Iftitah Yang Umun Di Baca

doa iftitah lengkap arab dan latin

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Latinya:
Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya :
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Baca Juga:  Niat dan Doa Mandi Di Hari Raya Idul Fitri dan Adha (Sunah)

Diatas adalah doa Iftitah, yang dibaca umum oleh kebangakan orang. Tapi perlu kalian ketahui bahwa yang umum ini dengan doa iftitah Muhammadiyah terdapat sedikit perbedaanya.

Untuk kalian yang ingin juga mengetahui bacaan doanya, bisa menghafalkanya dibawah ini.

Doa Iftitah / Istiftah Muhammadiyah, Kalian Tau atau Belum?

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Artinya :
“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin”

Diatas ada 2 doa Iftitah, kalian bisa menghafalkan yang mana saja sesuai dengan keyakinan. Namun akan lebih baik lagi apa bila kalian mengikuti bacaan yang umumnya saja.

Kesimpulan
Sekalipun doa iftitah ini tidak berdosa bila ditinggalkan, namun ada baiknya kita coba untuk membacanya secara berlahan-lahan, semakin sering dibaca maka akan membuat kita terbiasa.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close