Doa Syukuran (ngapati) Usia Kandungan 4 Bulan

Ibu hamil 4 bulan (Ngapati), khususnya orang Jawa biasanya akan ada acara tertentu, Ngapati biasanya di adakan apa bila usia kandungan genap 4 bulan “Ngapat” dalam bahasa Jawa Yg berarti Empat maka dari itu disebut NgaPati si jabang Bayi.

Doa Ngapati sebagian orang ada melangsungkan acara ini dan ada juga yang tidak, tergantung dari keyakinan dan adat yang di bawa secara turun temurun.

Bila dari orang tua, nenek kalian sering mengadakan acara Ngapati, biasanya kalau istri atau kalian yang hamil maka akan di ingatkan oleh mereka untuk melangsungkan acara ini.

Bila memang dari orang tua kalian dulu tidak ada, biasanya ya Loss saja tidak ada peringatan yang di ingatkan dari mereka, tapi bila ada teman atau tetangga yang biasanya mengunakan acara Ngapati biasanya kalian akan tetap di ingatkan.

Nah bila kalian ingin melangsungkan acara ini, tapi belum tau apa saja doa yang di baca orang Ngapati silahkan simak doa² berikut.

Doa Yang DiBaca Orang Saat Ibu Hamil Genapnya 4 Bulanan

doa bila usia kandung 4 bulan
Berikut adalah Ayat-ayat Al-Qur’an, yang umumnya dibaca dalam acara Ngapati (Syukuran 4 Bulan kehamilan).

  • QS. Al-Fatihah : 1-7
  • QS. Al-Mukminun : 12-14
  • QS. Al-Baqarah : 233
  • QS. Luqman : 12-14
  • QS. Al-Ahqaf : 15
  • QS. Maryam : 18-22
  • QS. Yusuf : 1-6

Setelah Baca Ayat-ayat diatas, kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa berikut ini.

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا. اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اَللهُمَّ طًوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ وَاَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Baca Juga:  Doa Untuk Selalu Bersyukur (mensyukuri) Nikmat Allah

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah,Periharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa meyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun. Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. a Allah, eluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, Panjangkalah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskalah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Untuk Apa Syukuran Ngapati Di Langsungkan

Dalam kehidupan semua ada adabnya, terlebih bagi kita yang beragama Islam, baik yang kita lakukan maka akan baik juga untuk kehidupan generasi kita selanjutnya.

Pada umumnya memang, bila tidak di adakanya acara Ngapati si jabang bayi akan tetaplah lahir ke dunia, namun bila di ambil dari sisi kerohanian dan keagamaan tentu akan ada baiknya.

Karena sedari dalam kandungan si jabang bayi telah di ragati dengan hal-hal yang berbau Islami.

Dan semogga di saat lahir nanti ia bisa menjadi anak yang soleh dan soleha, berbakti kepada ke 2 orang tuanya dan selalu tunduk pada jalan Allah S.W.T.

Maka dari itulah, syukuran Ngapati ini masih sering sekali digunakan sampai sekarang ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close