Doa Yang Di Baca Setelah Melakukan Sholat Duha

Setiap kali selesai melakukan sholat Duha, kalian pasti tau kan kalau masih ada doa yang dibaca setelah sholat duha ini. Walaupun doa ini umum dibaca, tapi tetap saja ada dari kita yang mungkin lupa bacaan atau memang tidak tau sama sekali bacaanya.

Nah buat kalian yang mungkin belum tau lebih jelasnya, bisa coba membaca artikel ini, lebih jauh lagi bila kalian ingin belajar atau coba memahami tentang sholat duha ini.

Sholat duha, biasanya dilakukan untuk mereka yang sedang membutuhkan atau memang sedang terhimpit masalah ekonomi. Tapi sayangnya, bila sholat duha ini dilakukan hanya sebatas mengharapkan rejeki lebih dari Allah swt, karena rahmat yang diberikan kepada kita bila rutin menjalankan sholat duha justru lebih besar dari itu semua.

Untuk menjalankan sholat duha, seperti pada umumnya, dimana melakukanya terdapat waktu khusus yaitu ketika matahari naik setingi tombak, lebih kurangnya di antara jam setengah 9 – 10. Namun ada juga berbagai macam pendapat tentangnya, tapi setidaknya kita bisa mengambil pedoman yang umum di kerjakan oleh banyak orang saja.

Doa Yang Umum Di Baca Selepas Sholat Duha

Doa setelah melakukan sholat duha yang sangat baik dibaca

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latinya:
Allahumma Innadh Dhuha-A Dhuha-Uka, Wal Bahaa-A Bahaa-Uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwwatuka, Wal Qudrata Qudratuka, Wal Ishmata Ishmatuka. Allahuma Inkaana Rizqi Fis Samma-I Fa Anzilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu, Wa Inkaana Mu’Asaran Fayassirhu, Wainkaana Haraaman Fathahhirhu, Wa Inkaana Ba’Idan Fa Qaribhu, Bihaqqiduhaa-Ika Wa Bahaaika, Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudratika, Aatini Maa Ataita ‘Ibadikash Shalihin.

Baca Juga:  Doa [NIAT] Sebelum dan Sesudah Wudhu ✓

Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Apakah Ada Petunjuk Khusus Membaca Ini Dalam Sholat Duha

Secara khusus tidak ada, tapi kebanyakan para ulama menganjurkan untuk membacanya bila kalian selesai menjalankan sholat duha.

Doa yang baik dibaca, sudah tentu akan baik pula, karena setiap doa akan menganjarkan pahala untuk diri kita sendiri, selain itu mengamalkan doa tambahan dalam sholat sunnah termasuk Duha justru membuat hati semakin tenang dan yakin kebapa Allah swt akan membantu memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua.

Kesimpulan
Doa setelah sholat duha, memang ada yang mengunakan dan juga tidak, tapi ada baiknya bila kita mengikuti saran dan anjuran dari dalam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (NU) untuk menjalankan yang sunah-sunah termasuk sholat Duha dan membaca doa setelahnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close