Puasa Ngasrep, Tata Cara dan Niat Menjalaninya

Puasa Ngasrep bagi sebagian orang awam memang jarang terdengar, karena pada dasarnya memang jenis puasa ini sangat jarang di gunakan. Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa Puasa Ngasrep ini bisa diganti dengan Mutih atau Nganyep, padahal dalam kenyataannya jenis puasa yang satu ini memang ada jenis dan tata caranya yang harus diketahui bila Anda yang ingin menjalankannya.

puasa ngasrep jarang di ketahui orang

Sesuatu yang diketahui dengan jelas akan lebih baik hasilnya, termasuk untuk menjalani Puasa Ngasrep ini bila tuntutannya menjalani dengan laku ini maka ada baiknya untuk mengikuti sesuai persyaratan dari apa yang menjadi tuntutan.

Puasa Ngasrep sendiri bisa dikatakan sebuah jenis tirakat “Ngasrep Tempelan” Nempel ini bisa dikatakan ikut-ikutan. Ada beberapa jenis Puasa yang terkenal, sangat sering ditempelkan dengan Puasa Ngasrep ini yaitu:

  • Puasa Mutih.
  • Puasa Ngerowot
  • Dan Puasa Ngidang.

Tapi tidak menutup kemungkinan puasa biasa sekalipun bisa juga di Tempelkan dengan jenis Puasa Ngasrep.

Apa Itu Puasa Ngasrep

Jenis Puasa ini hanya Tempelan saja bila di ambil Mutih maka ia hanya di bolehkan memakan 3 Suap Nasi Putih dan 3 Tegukan Air Putih saja. Inilah sebabnya, kebanyakan orang menyamakan dengan tirakat lain untuk yang namanya Puasa Ngasrep ini, tapi dalam kenyataannya ia bisa juga masuk ke dalam Puasa Ngerowot dan lainnya.

Setiap jenis puasa yang di jalani dengan 3 suapan nasi dan tegukan air, maka ia bisa disebutkan dengan Puasa Ngasrep termasuk menjalani Puasa Romadhon sekalipun. Tapi tetap saja, nama dari Puasa utamanya saja yang disebutkan orang.

Contoh penyebutannya adalah Puasa Ngasrep Mutih atau Puasa Ngerowot Ngasrep, jadi inti darinya adalah menjalani sesuai dengan tatanan keutamaan dari sebuah puasa, hanya sahur dan bukanya saja harus mengunakan 3 suapan dan tegukan. Apa saja jenis puasa yang dijalaninya, tetaplah bisa disebutkan dengan Tempelan Ngasrep.

Tapi sayangnya, kebanyakan orang yang awam tidak mengerti akan hal semacam ini, jadi mereka ngetutaken pembawaannya saja atau mengikuti nama dari Puasa Utamanya saja.

Baca Juga:  Puasa Sunah dan Wajib, Begini Tata Caranya

Puasa Ngasrep Juga Ada Niat Loh

Hampir sama saja dengan kebanyakan puasa yang lainnya, semua harus ada Niat sebelum menjalani sebuah tirakat dan termasuk Puasa Ngasrep ini.

Bila Anda akan menjalaninya, maka tambahkan ucapan niat Ngasrep pada bait Niat puasa yang akan Anda jalani, contohnya:

Niat ingsun poso mutih Ngasrep dan selanjutnya, termasuk pada niat yang lainnya Ngerowot atau apa saja tapi tetap ada penambahan seperti yang telah saya sebutkan tadi.

Tanpa menambahkan Niat, maka bisa saja puasa yang Anda jalani kurang pas dalam bait Niat, karena itulah di haruskan menambahkan supaya lebih tepat lagi dalam menjalani Puasa Ngasrepnya.

Karena ini hanya puasa Tempelan saja, jadi wajar bila ada orang yang jarang mengenal lelaku ini. Tapi tetap saja, bagi orang Jawa pada umumnya, pasti mereka telah mengetahuinya secara turun-temurun akan tirakat Kejawen.

Pada dasarnya, Puasa Ngasrep ini tidaklah harus di jalankan bila tidak ada tuntutannya. Tapi bila sebuah hajat dan tujuan yang aka Anda jalani mengharuskan maka itu tidak bisa di elakkan bahwa Anda haruslah menjalaninya.

Seperti yang kita ketahui, sebuah tirakat, lelaku pasti terdapat tujuan. Karena tujuannya itulah kemungkinan tidak bisa diganti dengan yang lainnya. Jadi semuanya kembali kepada Niat dan Tujuan Anda menjalani Puasa Ngasrep itu Sendiri.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close