Puasa Patigeni, Lengkap Dengan Niat dan Tata Cara Menjalaninya

Kebanyakan pecinta dunia spiritual akan bergeming bila mendengar kata Puasa Patigeni, saking beratnya puasa yang satu ini membuat kebanyakan orang gagal dalam menjalaninya, malah terkadang hanya mendengarkan lelaku yang ditebus dengannya saja banyak orang yang milih mundur untuk menguasai sebuah Ajian atau hajatnya.

cara berhasil puasa pati geni

Puasa Patigeni termasuk dalam golongan tirakat Kejawen yang sangat berat untuk di jalani, selain itu memang ada orang-orangnya yang bisa dengan tulus dan sabar dalam menjalaninya. Maka dari itu, tidak sembarangan orang yang bisa melewati Puasa Patigeni dengan lulus 100%. Selain itu, umumnya tirakat Patigeni ini hanya dilakukan 1 – 3 hari saja, tapi dilihat juga dasar yang menjalaninya, karena tetap saja ada orang yang bisa menjalani puasa patigeni selama 21 – 41 hari lamanya.

Apa Itu Puasa Pati Geni
Puasa Patigeni adalah “Pati (Mati) dan Geni (Api)” Ngelerep Geni kang Ngobar kiasanya untuk melebur emosi dalam diri. Patigeni harus di lakukan penuh yaitu sehari semalam tanpa makan dan minum dan berada di tempat yang gelap, tidak boleh terkena cahaya baik sinar atau apa pun penerangan.

Biasanya, puasa pati geni ini di gunakan untuk penentasan dari sebuah ilmu, tujuannya untuk meredam amarah dan panasnya kekuatan dari ilmu yang dikuasai olehnya.

Sebut saja bila ada orang menguasai Ajian lalu menjalani puasa mutih selama 7 atau 21 hari, kebanyakan pada saat terakhirnya ia diminta untuk menjalani pati geni sehari semalam.

Dari gambaran diatas, bisa di ambil dengan gampangnya, disaat seseorang telah berhasil melewati puasa mutih untuk membersihkan dirinya, maka ia akan diminta lagi untuk meredam segala angkara, ambisi dan emosi melalui puasa pati geni ini.

Baca Juga:  Puasa Nganyep, Tirakat Makan Yang Tak Berasa

Tata Cara Puasa Pati Geni

Bila Anda ingin melakukannya, harus memiliki tujuan yang pas dan benar, tidak ada untungnya bila Anda menjalani puasa ini hanya untuk coba-coba saja. Untuk cara melakukan puasa pati geni ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, beberapa diantaranya adalah:

  • Persiapan.
  • Mandi Keramas.
  • Niat Mati Geni.
  • Mulai menjalani.
  • Dan Tujuannya.

Dari beberapa persyaratan diatas, harus Anda lakukan dengan teratur dan menyimpan semua hajat di dalam hati Anda.

Bila Anda telah merasa siap untuk menjalaninya, silahkan ikuti panduannya dibawah ini, tapi pastikan bahwa diri Anda benar-benar dalam keadaan yang siap lahir batin dan fisik yang kuat, bila ada 1 saja yang tidak stabil pada diri Anda bisa saja, puasa yang Anda lakukan gagal sia-sia saja.

Persiapan dan Niat Puasa Pati Geni

Sebelum menjalaninya, terlebih dahulu buatlah persiapan untuk Anda menjalani patigeninya, maksudnya seperti ini bila Anda seorang pekerja maka aturlah waktu libur dan tempat untuk Anda menjalaninya nanti. Sebaiknya, saat menjalani puasa pati geni nanti carilah tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, bisa dalam kamar tapi ingat tutup semua cela yang bisa membuat cahaya masuk.

Bila persiapan sudah Anda lakukan, lanjutkan dengan Mandi Keramas untuk membersihkan diri Anda terlebih dahulu. Setelah itu, hafalkan niatnya:

Niat ingsun pati geni, angisep sarining pati ngelerep geni ing jroning ati saking angkoro murko.

Setelah niatnya diatas Anda hafalkan, maka resapi arti dan makna yang terkandung di dalamnya.

Angisep sarining pati menyerap semua sari dari mati, maksudnya meredam dari apa yang menjadi tuntutan pada diri yang dilanjutkan dengan Ngelerep geni ing jroning ati menghapuskan apa saja yang bisa menimbulkan keangkara murkaan pada hati Anda, meliputi kepada emosi diri.

Baca Juga:  Puasa Lelono, Tirakat Jawa Yang Harus Di Lakukan Dengan Berjalan

Bila pemaknaan ini, bisa Anda sikapi dan hayati dengan sepenuh hati Anda selanjutnya tinggal menjalaninya saja.

Tata Cara Puasa Pati Geni

Bila semua diatas tadi telah Anda persiapkan, maka tinggal menjalaninya saja. Pada malam harinya, tepat jam 12 malam masuklah ke dalam kamar yang sudah Anda siapkan tadi.

Setelah berada di dalam kamar, kunci rapat dan duduklah dengan tenang, bila memungkinkan bacalah sebuah rapalan bila Anda sedang mentirakati sebuah Ajian tertentu. Ada baiknya Anda meminta bantuan, atau bimbingan dari orang lain supaya saat jam 12 ke esokan harinya ada yang memberitahukan bahwa puasa pati geni Anda telah selesai menurut waktunya.

Tapi harus benar-benar dijaga, untuk Anda jangan sampai tertidur walaupun sedetik saja. Maka dari itu, usahakan Anda selalu dalam posisi duduk atau berdiri, jangan pernah mengimbang lapar dan hausnya pati geni dengan berbaring, karena bisa saja Anda tertidur tapi tidak menyadarinya.

Dalam beberapa tingkat puasa pati geni, ada saja yang memperbolehkan untuk tidur yang penting jangan makan, minum dan kena cahaya. Ini biasanya diperuntukan bagi mereka yang baru belajar untuk matigeni, karena yang sebenarnya itu tidak boleh.

Untuk yang tingkatannya lebih berat, biasanya tidak boleh makan, minum, tidur, kena cahaya dan juga buang air kecil. Pastinya untuk yang tingkatan ini sangatlah berat.

Selama menjalani puasa pati geni ini, sebaiknya Anda jangan pernah pecah dalam kosentrasi serta memiliki tekat yang kuat supaya berhasil, karena bila kosentrasi Anda pecah, bisa saja malah Anda putus asa dan semakin berat untuk menjalani puasa pati geni ini.

Puasa Pati Geni 3 Hari 3 Malam

Kebanyakan orang yang menjalaninya adalah sehari semalam, tapi bila diperuntukan sesuatu tirakat khusus maka banyak juga yang melakukan pati geni hingga 41 hari 41 malam tanpa henti.

Baca Juga:  Puasa Mutih, Niat dan Tata Cara Untuk Menjalaninya

Tapi semuanya tinggal kembali lagi pada hajat yang ingin Anda capai, karena sejatinya semakin lama Anda berpuasa pati geni maka akan semakin kuat juga efek dari hajat yang Anda inginkan.

Hajat itu bisa bermacam-macam, sebut saja Puasa Pati Geni Sehari Semalam Untuk Pelet Cewek atau memang ada keperluan khusus dalam menjalaninya, tapi yang terpenting adalah niat yang tulus dan benar saat menjalani puasa pati geni ini, karena sesuatu yang baik akan lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close