Puasa (Tapa) Jejeg, Niat dan Tata Caranya

Puasa (Tapa) Jejeg merupakan sebuah tirakat yang bisa digolongkan sangatlah berat, jarang sekali orang yang mampu menjalaninya, hanya mereka orang-orang terpilih saja yang bisa melewati Puasa Jejeg ini. Jangankan melakukannya berminggu-minggu bahkan bulan, untuk 1 hari saja pasti akan terasa berat untuk melakukannya, Anda pasti penasaran apa itu Puasa (Tapa) Jejeg ini.

puasa jejeg pakai niat dan harus tau caranya

Puasa Jejeg ini merupakan lelaku yang terbilang extreme, seseorang yang melakukan Puasa Jejeg maka ia harus berdiri tegak tanpa bergerak sedikitpun Layaknya Patung. Dilakukan sesuai menurut syarat untuk menjalaninya, jadi kebayakan bagaimana sulitnya menjalani Puasa Jejeg ini?

Kamu Harus Berdiri Berhari-hari, Bahkan Lebih Dari Itu Karena Lamanya Tirakat Bergantung Pada Penetapan Syarat Yang Kamu Jalani.

Dalam pelajaran tirakat ini, kebanyakan orang membagi tingkat ke beberapa, dari yaang tingan hingga beraat, maka dari itu bila Anda ingin menjalani Puasa Jejeg harus mengetahui terlebih dahulu tingkatan dan kesemua persyaratannya supaya tidak salah dan tirakat Anda menjadi sia-sia semata.

Niat Untuk Tapa Jejeg

Saat Anda ingin menjalani Tirakat jenis ini, hal utama yang harus Anda ketahui adalah niatnya, jangan sampai Anda tidak tau sama sekali. Adapun bacaan niat untuk Puasa Jejeg adalah:

Niat Ingsun Njejeg, Jejeg aken awakku kang panah, kakang kawah adi ari-ari, kiwo tegen ang melu ingsun Ngajejeg Bissmillahirohmannirohim…

Setelah Anda hapal bacaan niathya, selanjutnya mulailah menjalani Puasa Jejeg ini dengan pas dan benar supaya tidak terjadi kesalahan, ketahui pula caranya.

Tata Cara Puasa Jejeg

Untuk melakukannya, hal yang harus Anda ketahui lebih dulu adalah carilah tempat dimana Anda bisa menjalaninya tanpa gangguan orang lain dan kebisingan. Sebut saja di pondok, goa dan sebagainya, yang penting jauh dari keramaian dan jarang dikunjungi oleh siapa saja.

Tujuan tempat yang jarang dikunjungi orang, untuk memfokuskan tirakat yang Anda jalani. Bila ada orang yang datang dan melihat Anda sedang Natap Njejeg bisa saja merusak kosentrasi Anda.

Bila Anda sudah siap, maka lakukanlah dengan cara berdiri tegak lurus, rapatkan ke 2 kaki Anda dan tangan di letakan ke perut. Berdirinya jangan sampai goyang, ke kiri dan kanan walaupun sedikit Anda harus bersikap tegak lurus. Lamanya Anda berdiri tergantung dari persyaratan yang Anda jalani, mungkin Anda bisa membayangkan betapa pegalnya kaki saat menjalaninya.

Itulah tirakat, Puasa Jejeg yang berat karena seperti yang kita ketahui, sangat jarang ada tirakat yang ringan untuk dijalani. Hampir semuanya tirakat itu akan berat dijalani, termasuk Puasa Jejeg ini, yang membuat seseorang bisa menjalaninya hingga akhir dan selesai adalah kesabaran dan kepasrahan dirinya sendiri.

Karena dalam sebuah Puasa Jejeg, memang sangat mengandalkan kesabaran hati, ketulusan dan keikhlasan dalam menjalaninya. Tanpa itu semua, sudah bisa dipastikan akan sulit sekali bagi Anda lulus dalam menjalani Puasa Jejeg.

Baca Juga:  Puasa Ngidang, Lengkap Dengan Tata Cara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close